--- Welcome to Berburu Ilmu! Terima Kasih Atas Kunjungannya --- Terima kasih juga saya sampaikan kepada yang sudah memberikan komentar, kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan blog ini --- Terima Kasih ---

4 Apr 2009

STRATEGI MENJAWAB PERTANYAAN WACANA


Pemahaman teks yang diujikan dalam ujian nasional bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam memahami berbagai macam teks. pertanyaan-pertanyaan dalam pemahaman teks menanyakan pertanyaan tentang informasi yang ada dalam bagian teks. Misalnya menanyakan gagasan utma, informasi rinci baik yang tersirat maupun yang tersurat, arti kata atau frasa, sinonin, lawan kata dan rujukan kata.

Reading teks sangat penting dalam tes Bahasa Inggris. Sebagaian besar pertanyaan dalam tes Bahasa Inggris adalah pertanyaan reading. Oleh karena itu, penguasaan strategi dalam menjawab pertanyaan dalam teks sangat diperlukan agar supaya berhasil memperoleh nilai yang memuaskan.

STRATEGI UMUM
Strategi untuk pemahaman teks adalah sebagai berikut:

  1. Baca sepintas teks wacana untuk menentukan ide utama dan organisasi keseluruhan gagasan utama dalam teks. Dengan melakukan pembacaan sepintas kita dapat membentuk suatu gagasan umum tentang isi wacana. pembacaan sepintas dilakukan dengan membaca kalimat pertama dari setiap paragraf dan kalimat terakhir dari wacana. Pembacaan sepintas dilakukan secepat mungkin karena tujuannya adalah untuk mendapatkan kesan umum tentang isi wacana. Kita tidak perlu harus memahami setiap rincian dalam setiap wacana karena hanya akan membuang-buang waktu.
  2. Lihat pertanyaan-pertanyaan untuk menentukan jenis pertanyaan yang harus dijawab. Setiap jenis pertanyaan dijawab dengan cara yang berbeda.
  3. Cari bagian dari wacana yang berhubungan dengan setiap pertanyaan.
  4. Bacalah bagian wacana yang mengandung jawaban secara cermat. Mungkin jawaban ada pada kalimat yang sama dari kata kunci.
  5. Pilihlah jawaban terbaik untuk setiap pertanyaan dari empat pilihan jawaban (untuk SMP) dan lima pilihan jawaban yang tersedia (untuk SMA).

No comments :