--- Welcome to Berburu Ilmu! Terima Kasih Atas Kunjungannya --- Terima kasih juga saya sampaikan kepada yang sudah memberikan komentar, kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan blog ini --- Terima Kasih ---

23 Sep 2008

Kantin Jujur

Oleh Ahmad Zahrowi

Kalau Anda berkunjung ke kantin SMA Diponegoro 1 Rawamangun Jakarta di pintu menuju kantin tertulis Kantin Jujur.

Para pembeli khususnya siswa-siswi dipersilahkan mengambil sendiri barang yang diingikan yang terdiri dari beraneka ragam makanan ringan, minuman ringan, dan hal-hal lainnya yang sesuai dengan kemampuan kantong siswa. Sementara itu uang pembelian diletakkan di kotak kardus yang telah disediakan. Kalau uang perlu kembalian pembeli juga mengambil dan menghitung sendiri kembaliannya.

Cara ini mulai dipraktikkan dan diterapkan di kantin SMA Diponegoro 1 dengan tujuan melatih dan menanamkan kejujuran kepada para siswa melalui Kantin. Transaksi yang terjadi disini haruslah berdasarakan kejujuran. Dengan melalui kantin jujur ini diharapkan tertanam dalam jiwa para siswa untuk saling percaya satu sama lain. Dengan demikian para siswa yang berada ( bertransaksi) di kantin ini menunjukkan bahwa meraka adalah siwa-siswi yang jujur (bisa dipercaya).

Kantin Jujur diperkenalkan dan dibuka oleh Ketua Yayasan Al-Hidayah Bapak Ir. H. Imam parikesit. Kantin jujur dibuka bertitik tolak dari slogan "Diponegoro Jujur". Dalam konteks kejujuran, di pojok kanan dibukalah kantin jujur. Beliau ingin menguji benarkan jujur itu sepenuh hati atau hanyalah slogan. Oleh karena itu beliau ingin mencoba menguji kejujuran melalui kantin jujur dengan bertransaksi secara jujur. Kalau pisang goreng harganya Rp 500 sedangkan uangnya Rp 5000 dengan uang kembalian mengambil sendiri Rp 4500. Ini semua adalah dalam rangka untuk menguji betulkah siswa-siswi SMA Diponegoro sudah jujur. Ini akan diawali dengan bertransaksi yang pasti akan dilakukan setiap hari. Dari model seperti ini akan mempengaruhi kejujuran kita sehari-hari. Jujur tidak mencontek sampai jujur dalam Ujian Nasional termasuk jujur Sholat.

Kata jujur merupakan salah satu kata yang sangat populer di telinga kita. Tidak saja dalam dialog/ceramah keagamaan, namun juga dalam kehidupan sehari-hari. Arti jujur Jujur jika diartikan secara baku adalah "mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran". Dalam praktek dan penerapannya, secara hukum tingkat kejujuran seseorang biasanya dinilai dari ketepatan pengakuan atau apa yang dibicarakan seseorang dengan kebenaran dan kenyataan yang terjadi. Bila berpatokan pada arti kata yang baku dan harafiah maka jika seseorang berkata tidak sesuai dengan kebenaran dan kenyataan atau tidak mengakui suatu hal sesuai yang sebenarnya, orang tersebut sudah dapat dianggap atau dinilai tidak jujur, menipu, mungkir, berbohong, munafik atau lainnya.

Kita sering mendengar orang tua menasehati anak supaya harus menjadi orang yang jujur. Dalam mendidik dan memotivasi supaya seorang anak menjadi orang yang jujur, kerap kali dikemukakan bahwa menjadi orang jujur itu sangat baik, akan dipercaya orang, akan disayang orang tua, dan bahkan mungkin sering dikatakan bahwa kalau jujur akan disayang/dikasihi oleh Tuhan.

No comments :